Monday, December 17, 2012

Pernah Bosan di Kelas Perkuliahan? Baca Ini Dong


Pernah ngalamin kebosanan nggak ketika di kelas perkuliahan? Apa? Pernah? Hm, sama dong kalau begitu. Bedanya mungkin karena aku udah semester atas, mulai berkurang mood belajar di kampus, dan selebihnya mungkin karena dosennya jarang masuk terus tiba-tiba masuk lagi. 

Tadi, aku kuliah evaluasi pembelajaran di ruang 35. Dosenku, kalau kamu mau tahu, udah hampir sebulan lebih nggak pernah masuk kelas. Aku dan teman-teman sih seneng-seneng aja, lagipula toh kami bisa lebih focus ke PPL di sekolah maisng-masing atau pada pekerjaan lain. 

Pertemuan kali ini belajar tentang penilaian peserta didik. Yang aku tangkap dari sekian banyak yang dijelaskan, adalah bahwa ketika seorang guru membuat soal untuk bahan evaluasi kepada para siswanya adalah bahwa soal itu benar-benar valid. Artinya begini, soal yang diberikan adalah tentang apa yang sudah diajarkan sesuai kompetensi dasar dan standar kompetensi serta tepat sasaran pada indikator yang tercantum dalam silabus.

Kemudian, penilaian itu bukan hanya dari hasil penskoran soal-soal, tetapi juga perhatikan sikap anak didik ketika selama pembelajaran berlangsung. Apakah anak termotivasi dan terlihat perhatian terhadap materi yang disampaikan guru. Karenanya nanti, misalnya dalam PTK (kalau yang menggarap skripsi jenis ini) untuk kata termotivasi dan perhatian itu silakan diperjelas. Misalnya ketika anak didik termotivasi, apa buktinya. Bisa kamu tulis bahwa anak banyak ingin tahu sehingga ia bertanya ini itu. Atau ketika kamu tulis dalam skripsi PTK-mu itu anak didik perhatian, coba dijelaskan perhatian dalam hal apa, misalnya anak didik sigap mencatat hal-hal penting pada materi ajarmu, menyimak dengan sekasama apa yang guru sampaikan serta berkomentar tentang pelajaran. Jadi, guru benar-benar harus memperhatikan sikap anak didik secara seksama ya, hihi…

(Gak mau jadi guru, ah. Mau jadi dosen aja.)

Oke, itu sekelumit yang aku tangkap dari kelas tadi. Nah, kembali pada kebosanan saat di kelas perkuliahan. Karena si dosen ini lama tidak muncul di kelas, maka kami ogah-ogahan belajar. Lagipula hari sudah siang dan si dosen hampir terlambat satu jam masuk kelas. Andai si dosen sadar bahwa wajah-wajah mahasiswanya sangat letih dan bosan… L
Aku yang duduk di bangku barisan tengah mersakan kantuk yang sangat. Berada di tempat yang tak jauh dari kipas angin yang berputar di plafon serta aroma rumput di halaman kampus benar-benar bikin aku ngantuk. Aku mengedarkan pandangan. Duh, teman-temanku ini memang tak bisa dipungkiri dari wajah-wajah mereka banyak yang bosan dan maaf ya bu dosen, kami asyik dnegan aktivitas pengusir kebosanan kami nih.

Aku lalu ngambil buku catatan, iseng menulis begini:
Kejadian-kejadian di kelas evaluasi pembelajaran. 17 Desember 2012.
Laporan riset singkat selama kelas berlangsung.
Yang dilakukan mahasiswa ketika mengalami kebosanan di kelas.
1.       SMS-an dengan kertas yang dioper-oper. Dalam hal ini pelakunya adalah Kikin kepada Chio dan Ikoy)
2.       Coret-coret di modul atau buku catatan kuliah. Mulai dari kupu-kupu sampai keong. Subjek, Iim.
3.       Memilin-milin rambut cewek yang duduk di depannya. Dilakukan Tata kepada Baya.
4.       SMS-an dengan gratisan SMS. Pelakunya duduk bersender di dinding. Dia adalah Chuang.
5.       Nggosip dengan teman sebelah. Kelakuannya Jeng sama Ismi.
6.       Ngutilin kuku kaki. Ini kerjaannya Melodia.
7.       Ngoreksi soal atau apalah. Kesibukannya si Ani.
8.       Serius di depan layar laptop dan tangannya sibuk ngutak-atik Hp. Duduk di belakang dan datang paling akhir. Si Ita.
9.       Ngamatin wajah temen-temen yang bĂȘte terus ketawa-ketawa sambil nulis. Yang ini kerjaanku, hehe…



2 comments:

  1. Asemmm ini terang2an, kenapa g kamu liat si Ummi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe...Itu anak yang kuliat matanya aja yang sendu..setengah merem setngah melek.

      Delete