RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Identitas
Sekolah :
SMP N 1 Samarinda
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/I
Jumlah pertemuan : 1 kali (2 x 40’)
2.
Standar
Kompetensi : Menulis
: 8. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama.
3. Kompetensi Dasar : 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
4. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menyusun
kerangka cerita drama.
2.
Mampu menulis
naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dnegan memperhatikan
kaidah penulisan naskah drama.
5. Tujuan
Pembelajaran
a. Setelah siswa mendapatkan ide
cerita drama, mereka bisa menuangkannya
dalam bentuk kerangka naskah drama.
b. Selanjutnya kerangka itu dikembangkan menjadi sebuah naskah yang ditulis
berdasarkan kaidah-kaidah penulisan naskah drama.
6. Materi
Ajar
Beberapa
kaidah dalam penulisan naskah drama (skenario) di antaranya adalah (1) bahwa
naskah dalam bentuk dialog-dialog, (2) biasanya sebelum muncul adegan ada
narasi teks, berfungsi sebagai penerang/petunjuk latar sebuah adegan, (3)
penulisan antara nama tokoh dipisah oleh tanda baca titik dua (:) dengan
dialognya, (4) Penulisan dialog tidak diapit tanda baca kutip (”), (5) narasi
laku dalam dialog yang berguna memberi tanda perilaku, mimik, intonasi atau
hal-hal yang terkait dengan laku tokoh, dan (6) isi cerita menjadi padu dan
tersusun apik.
7. Alokasi Waktu
2 x 40 menit
8. Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemodelan (modelling)
3.
Penugasan
9. Kegiatan pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
:
1.
Guru menanyakan kesiapan belajar siswa (kondusif)
2.
Guru mengungkapkan faedah menulis naskah drama.
3.
Guru memberi motivasi berupa ilustrasi profesi penulis naskah sebuah
film/drama.
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi guru
bertanya jawab dengan siswa tentang penulisan naskah drama dan kaitannya dengan
pementasan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, siswa:
1.
Berkumpul
dengan anggota kelompoknya masing-masing sebagai bentuk kerjasama antar siswa.
2.
Menyimak
materi dari guru tentang kaidah penulisan naskah.
3.
Bersama-sama
menyunting bagian-bagian penulisan naskah (model) yang kurang sesuai dengan
kaidah-kaidah penulisan naskah sehingga mereka terbiasa cermat dan kritis dalam
menghadapi sesuatu.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memeriksa
proses dan hasil kerja siswa.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.
Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10. Penilaian Pembelajaran
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Unsur Penilaian
|
Bobot
|
1.
2.
|
Mampu menyusun kerangka cerita drama.
Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan
kerangka cerita drama dengan memperhati-kan kaidah penulisan naskah drama.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susun sebuah kerangka cerita drama berdasarkan cerita
yang sudah kamu pilih lalu kembangkan menjadi sebuah naskah!
|
Kekreatifan ide cerita dan penulisan naskah yang sesuai
dengan kaidah penulisan naskah drama.
|
1-10
|
Skor maksimum :
10
Nilai perolehan siswa : Perolehan skor X
100 = ...........
Skor maksimum
11. Sumber
Belajar
a.
BSE
Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/Mts terbitan Pusat Perbukuan.
b.
Sumber
lain yang mendukung.
Samarinda, 22 Oktober 2012
Mengetahui/Menyetujui,
Guru Pamong
Juniarta Manalu, S.Pd.
NIP 19710614 200206 2 001
|
Mahasiswa PPL
Hesti Kustrini
NIM 0905075025
|
Dosen Pembimbing
Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.
NIP 19630404 198903 1 001
|
Kepala Sekolah
Djoko Iriandono, S.E., M.A.
NIP 19620606 198301 1 002
|
No comments:
Post a Comment