Monday, October 22, 2012

RPP Menulis Naskah Drama Sesuai Kaidah-kaidah Penulisan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.        Identitas
Sekolah                : SMP N 1 Samarinda
Mata pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : VIII/I                       
Jumlah pertemuan  : 1 kali (2 x 40’)
2.        Standar Kompetensi : Menulis
: 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama.
3.    Kompetensi Dasar    : 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
4.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mampu menyusun kerangka cerita drama.
2.    Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dnegan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.

5.    Tujuan Pembelajaran
a.  Setelah siswa mendapatkan ide cerita  drama, mereka bisa menuangkannya dalam bentuk kerangka naskah drama.
b. Selanjutnya kerangka itu dikembangkan menjadi sebuah naskah yang ditulis berdasarkan kaidah-kaidah penulisan naskah drama.
                                                                                                                       
6.    Materi Ajar
              Beberapa kaidah dalam penulisan naskah drama (skenario) di antaranya adalah (1) bahwa naskah dalam bentuk dialog-dialog, (2) biasanya sebelum muncul adegan ada narasi teks, berfungsi sebagai penerang/petunjuk latar sebuah adegan, (3) penulisan antara nama tokoh dipisah oleh tanda baca titik dua (:) dengan dialognya, (4) Penulisan dialog tidak diapit tanda baca kutip (”), (5) narasi laku dalam dialog yang berguna memberi tanda perilaku, mimik, intonasi atau hal-hal yang terkait dengan laku tokoh, dan (6) isi cerita menjadi padu dan tersusun apik.
7.    Alokasi Waktu
            2 x 40 menit

8.    Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Pemodelan (modelling)
3.    Penugasan
9.  Kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
1.      Guru menanyakan kesiapan belajar siswa (kondusif)
2.      Guru mengungkapkan faedah menulis naskah drama.
3.      Guru memberi motivasi berupa ilustrasi profesi penulis naskah sebuah film/drama.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru bertanya jawab dengan siswa tentang penulisan naskah drama dan kaitannya dengan pementasan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.     Berkumpul dengan anggota kelompoknya masing-masing sebagai bentuk kerjasama antar siswa.
2.     Menyimak materi dari guru tentang kaidah penulisan naskah.  
3.     Bersama-sama menyunting bagian-bagian penulisan naskah (model) yang kurang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan naskah sehingga mereka terbiasa cermat dan kritis dalam menghadapi sesuatu.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru memeriksa proses dan hasil kerja siswa.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.    Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.





10.     Penilaian Pembelajaran
No.
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Unsur Penilaian
Bobot
1.








2.
Mampu menyusun kerangka cerita drama.

Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhati-kan kaidah penulisan naskah drama.

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susun sebuah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih lalu kembangkan menjadi sebuah naskah!
Kekreatifan ide cerita dan penulisan naskah yang sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama.
1-10

Skor maksimum          :    10
Nilai perolehan siswa  :    Perolehan skor     X  100  = ...........
                                                     Skor maksimum

11.  Sumber Belajar
a.        BSE Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/Mts terbitan Pusat Perbukuan.
b.       Sumber lain yang mendukung.












Samarinda, 22 Oktober 2012

      Mengetahui/Menyetujui,
Guru Pamong


Juniarta Manalu, S.Pd.
NIP 19710614 200206 2 001
Mahasiswa PPL


Hesti Kustrini
NIM 0905075025
Dosen Pembimbing


Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.
NIP 19630404 198903 1 001
Kepala Sekolah


Djoko Iriandono, S.E., M.A.
NIP 19620606 198301 1 002






No comments:

Post a Comment

Post a Comment