Monday, February 6, 2012

Ngopi dan Gigi


Katanya emang ada kaitannya antara kebiasaan ngopi dengan kebersihan gigi. Gue ingat pertama kali nyicip kopi pas dulu ketika rumah kami didatangi tamu. Sebagai tuan rumah yang baik, Mak selalu nyuguhin minuman buat si tamu. Layaknya orang kampung, suguhannya kalo gak teh ya kopi. Waktu itu kopinya beneran buatan sendiri. Mulai dari nanem pohonnya,manen buahnya,njemur buahnya sampe item dan kering,numbuk,nyangrai biji kopinya,numbuk lagi,nyaring bubuk halusnya,dan ah...zaman dulu kayaknya wong ndeso kayak gue beneran tradisional banget. Kami belajar mandiri dari alam...

Kembali ke soal minuman suguhan buat si tamu. Mak biasa hafal apa yang diminum tamu. Ada tamu yang gak bisa minum kopi alias paling pesan teh aja, ada yang emang suka kopi (apalagi kopi tumbukan kami). Biasanya kalo tamunya cuma sebentar, Bapak nggak habis kopinya. Paling banter sisa separuh gelas. Pernah waktu itu udah Mak bikinkan minuman kopi eh tamunya cuma bentar. Maka gelas itu masih penuh dengan kopi. Karena sayang dengan buatan Mak, gue bersedia ikut minum kopi yang seharusnya diminum si tamu tadi..huaah..

Katanya ngopi bikin gigi kita kuning karena kopi lebih banyak meninggalkan noda jika dibandingkan dengan teh misalnya. Terlebih kalo dibandingin sama air putih. Wah,jauuh...air putih kan nggak meninggalkan noda di gigi.
Nah masalahnya gigi gue kan dari sejak dulu kala emang tercipya kuning, dengan ngopi seperetinya akan menambah kekuningan itu,hahaha...
Ya meskipun ngopi itu bukan sebuah kebiasaan murni atau parahnya candu buat gue, tapi gue berdoa semoga nggak berefek terlalu buruk buat kehidupan (kesehatan) gue. Amin...

Hayo sudah malam, sudah sikat gigi, cuci tangan, kaki, dan wajah? Kita tidur nyook..berdoa mulai. Siapapun,makasih dah mbaca catatan ini :-)

Salam hangat,

Hehes ^^

Sumber foto:  http://www.google.co.id/search?hl=id&q=kopi%20dan%20gigi&psj=1&gs_sm=e&gs_upl=2521l6654l0l7235l13l12l0l0l0l0l1106l4408l5-1.2.2l5l0&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&biw=1280&bih=661&um=1&ie=UTF-8&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=HqowT9q9Oo3RrQeR9YikBA

No comments:

Post a Comment